9 Perbedaan Laptop dan Notebook yang Harus Dipahami

Perbedaan Laptop dan Notebook

Sebagian orang di luar sana mungkin laptop dan notebook tampak sama meskipun sebenarnya berbeda. Hal ini karena keduanya sama-sama memiliki bentuk yang hampir mirip dan bisa dibawa kemanapun dengan mudah. Tetapi sebenarnya ada beberapa perbedaan laptop dan notebook mulai dari spesifikasinya hingga fitur-fitur yang dimiliki.

9 Perbedaan Laptop dan Notebook

Perbedaan Laptop dan Notebook

1. Berat

Perbedaan yang paling mendasar dari kedua benda ini adalah pada berat yang dimiliki. Laptop yang memiliki ukuran fisik lebih besar tentunya memiliki berat yang lebih daripada notebook. Umumnya berat laptop berada di kisaran 3-5 kg sedangkan untuk notebook hanya berkisar 1-2 kg saja.

2. Ukuran Layar

Pembeda selanjutnya yang  paling tampak meskipun dilihat sekilas adalah ukuran layar yang lebih besar pada laptop. Notebook memiliki ukuran layar yang tergolong mungil yakni hanya 13 sampai 18 inci saja. Sedangkan laptop memiliki ukuran layar yang umumnya lebih dari 18 inci.

3. Spesifikasi Grafis

Grafis yang diberikan oleh perangkat sangat bergantung pada kapasitas VGA yang nantinya mendukung performa tampilan. VGA pada laptop umumnya memiliki kapasitas lebih besar sehingga grafisnya lebih baik pula. Akan tetapi saat ini sudah banyak notebook dengan kapasitas VGA besar sehingga dari segi grafis tidak kalah dari laptop.

4. Durasi Baterai

Dengan menggunakan kapasitas baterai yang sama, notebook memiliki durasi pemakaian yang tergolong lebih lama daripada laptop. Ini karena pengeluaran daya untuk layar serta perangkat lain yang lebih besar pada laptop. Ada juga faktor lain yang mempengaruhi durasi baterai yakni bagaimana penggunaan kedua perangkat tersebut.

5. RAM

Secara umum, laptop lebih sering dipakai untuk pekerjaan yang lebih berat sehingga dilengkapi dengan RAM yang lebih besar. Perbedaan laptop dan notebook masalah RAM saat ini sudah tidak begitu berlaku seiring dengan produk notebook dengan RAM yang besar.

6. DVD ROM

Ini menjadi keunggulan laptop yang masih ada hingga saat ini yakni DVD ROM dengan fungsi membaca kaset. Meskipun saat ini penggunaan kaset sebagai penyimpanan sudah mulai berkurang, hal ini tetap menjadi ciri khas laptop. Jangan khawatir jika notebook yang dimiliki tidak memiliki DVD ROM di perangkat, maka cukup gunakan DVD ROM eksternal saja.

7. Penggunaan

Dari segi penggunaan, ternyata laptop dan notebook juga memiliki perbedaan loh. Umumnya notebook lebih digunakan untuk kerja-kerja ringan seperti misalnya mengetik atau menonton film. Sedangkan laptop digunakan untuk kerja yang tergolong berat baik itu mengedit video, bermain game, ataupun mengedit foto. Mobilitas laptop bisa juga digunakan untuk kerja ringan.

8. Biaya

Laptop dan notebook tentunya memiliki range harga yang berbeda karena memang perlengkapannya yang berbeda. Laptop lebih sering memiliki harga lebih mahal tentu saja jika dengan spesifikasi paling mumpuninya. Notebook dianggap lebih terjangkau meskipun saat ini ada beberapa notebook yang memiliki harga lebih tinggi dari laptop.

9. Performa

Jika dilihat dari segi performa, sebenarnya tidak ada perbedaan berarti di antara keduanya jika digunakan untuk kerja ringan. Performa baru terasa ketika perangkat digunakan dalam kerja-kerja berat dalam jangka waktu cukup lama. Gunakan laptop saja jika kamu merasa jenis-jenis pekerjaan yang akan kamu lakukan tergolong lebih berat.

Contoh Paling Terkenal

Ada beberapa merk paling terkenal yang bisa menunjukkan perbedaan signifikan antara laptop dan notebook. Beberapa contoh ini bisa membuat paham bagaimana perbedaan sebenarnya dari notebook dan juga laptop.

1. Merk Laptop Terkenal

Satu laptop terkenal yang paling mumpuni adalah Alienware Area 51m yang memiliki spesifikasi sangat mumpuni. Laptop ini bisa digunakan untuk membuka berbagai aplikasi baik game ataupun editing tanpa mengalami lag atau lelet.

2. Merk Notebook Terkenal

Salah satu notebook yang terkenal paling mumpuni adalah Axioo MyBook 14 yang memiliki ukuran layar di atas 14 inchi. Notebook ini sangat nyaman jika dibawa kemanapun karena bisa dibawa kemanapun tanpa memberatkan punggung.

Itulah dia beberapa hal mengenai perbedaan laptop dan notebook yang masih sering keliru. Pemilihan perangkat antara laptop ataupun notebook baiknya berdasarkan uang yang dimiliki serta jenis pekerjaan yang dilakukan. Berinvestasi dalam perangkat kerja ini tidaklah merugikan selama memang membantu sekali dalam pekerjaan yang dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *