Bingung Pakai Deadline or Dateline? Pahami Maknanya Lewat Cara Berikut

Deadline or Dateline

Harus pakai istilah deadline or dateline? Anda harus memahami makna dari setiap istilah tersebut. Selain agar tepat dalam pemakaiannya, menggunakan istilah yang tepat tentu akan mengurangi kemungkinan kesalahpahaman dalam komunikasi. Untuk mengetahui makna sebenarnya dari kedua kata tersebut, pahamilah penjelasannya berikut ini.

Makna Deadline dan Dateline dari Segi Bahasa

Deadline dan dateline memang berbeda dari segi pemakaian katanya. Kedua istilah tersebut sama-sama tersusun dari dua kata, namun berbeda. Dari segi bahasa, kedua istilah tersebut dapat dibeda dari kata penyusunnya.

Deadline berasal dari dua kata yaitu “dead” dan “line.” “Dead” berarti mati atau tidak berlaku lagi dan “line” berarti baris atau garis yang selanjutnya diartikan sebagai batas secara konteksnya. Dengan demikian, jika digabung artinya adalah batas waktu atas suatu pekerjaan atau tindakan. Jadi, apabila suatu hal yang dilakukan setelah waktu tersebut tidak akan berlaku lagi.

Jelas berbeda dengan istilah dateline. Dateline terdiri atas dua kata yaitu “date” yang artinya tanggal dan “line” yang berarti garis atau baris. Jika kedua kata tersebut digabung, maka terbentuk sudah arti dari dateline yang sebenarnya yaitu baris tanggal atau deret beberapa tanggal. Baris tanggal ini menunjukkan waktu suatu kejadian dan dapat ditemukan dalam laporan suatu peristiwa.

Makna Deadline dan Dateline dari Segi Konteks

Setelah mengetahui arti istilah deadline dan dateline secara bahasa, kini Anda harus memahami maknanya dari segi istilah. Agar tidak bingung lagi harus menggunakan istilah deadline or dateline, Anda perlu memahami konteks kata dalam kalimat.

Istilah deadline yang berarti batas waktu tersebut berarti batasan waktu atas suatu pekerjaan. Jadi, proses pengerjaan apapun itu harus selesai sebelum sampai pada waktu yang menjadi deadline tersebut. Jadi, dalam pemakaiannya memang harus sesuai konteks istilah tersebut dalam kalimat.

Istilah dateline yang artinya baris tanggal tersebut secara konteks diartikan sebagai suatu tanggal beserta tempat kejadian suatu peristiwa. Jadi, keterangan waktu yang mencatatkan hari, tanggal, dan jam dari suatu peristiwa disebut dengan dateline. Pemilihan istilah dateline ini dapat dikatakan benar jika digunakan untuk mengungkapkan baris tanggal atau waktu dari suatu kejadian.

Penggunaan Istilah Deadline dan Dateline dalam Kalimat

Usai mengetahui istilah deadline dan dateline dari segi bahasa dan konteksnya, Anda juga perlu mengetahui pemakaian istilahnya secara riil dalam suatu kalimat. Mengetahui contoh dari pemakaian setiap istilah dalam kalimat ini sangat penting. Hal ini berkaitan dengan pendapat bahwa apabila seseorang sudah mampu memberikan contoh, berarti ia mengerti akan sesuatu itu.

Deadline pengerjaan makalah mata kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia adalah hari Senin, 31 Agustus 2020, pukul 13.00 WIB. Berdasarkan kalimat ini, dapat dipahami bahwa batas waktu untuk mengerjakan makalah adalah sebelum hari Senin tanggal 31 Agustus 2020 pukul 13.00 WIB. Setelah lewat beberapa menit saja, pengerjaannya sudah tidak terhitung karena lewat deadline.

Contoh kalimat untuk dateline adalah “Detail dateline terjadinya peristiwa banjir yang dapat dituliskan di pemberitaan nanti adalah Selasa, 1 September 2020 10.10 WIT.” Dari kalimat ini, terdapat perintah untuk menuliskan suatu baris waktu atas suatu peristiwa banjir ke dalam sebuah berita. Jadi, dateline menandakan keterangan waktu terjadinya suatu peristiwa. Apapun itu.

Demikian penjelasan detail seputar kedua istilah yang sering salah sebut atau salah penempatannya dalam kalimat. Kini, Anda sudah tidak bingung lagi untuk memakai istilah deadline or dateline lagi, bukan? Kuncinya adalah memahami terlebih dahulu makna setiap kata yang membentuknya. Setelah itu, pahami konteksnya sekaligus contoh pemakaian dalam kalimat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *