4 Cara Screenshot Oppo yang Mudah Semua Seri

4 Cara Screenshot Oppo yang Mudah

Cara Screenshot Oppo sebenarnya sangat mudah dan bisa dilakukan di semua seri handphone ini. Screenshot merupakan tindakan yang dilakukan pengguna laptop atau handphone untuk menyimpan gambar tampilan layar pada saat itu dan menunjukkannya kepada orang lain.

Tangkapan layar memiliki berbagai fungsi diantaranya sebagai bukti bahwa Anda telah melakukan sesuai, misalnya transaksi keuangan, meminta bantuan pada orang lain tentang suatu hal yang sulit dijelaskan dengan teks, atau untuk memberitahukan sesuatu kepada orang lain.

Pengambilan screenshot atau tangkapan layar dapat dilakukan dengan menggunakan komputer atau handphone. Hampir semua handphone memiliki opsi tangkapan layar, terutama yang sudah termasuk ponsel pintar. Salah satunya adalah handphone Oppo.

4 Cara Screenshot Oppo

Cara Screenshot Oppo memiliki banyak cara, sedikitnya ada 4 cara yang mudah. Namun, bagi pengguna baru handphone Oppo mungkin belum tahu bagaimana melakukan tangkapan layar menggunakan hp baru. Untuk melakukan screenshot menggunakan handphone oppo Anda bisa melakukannya dengan cara ini:

1. Kombinasi Tombol Power dan Volume

Cara paling mudah melakukan Screenshot Oppo adalah dengan menggunakan kombinasi dua tombol yang selalu ada di setiap ponsel pintar, yaitu tombol power dan volume. Bukan hanya di handphone Oppo saja, Anda juga dapat menggunakan cara ini di semua ponsel pintar. Caranya:

  1. Pastikan Anda sudah berada di layar yang ingin diambil screenshotnya.
  2. Letakkan jari di tombol power dan satu jari lain di tombol volume bagian bawah, kemudian tekan secara bersamaan dan tahan beberapa saat.
  3. Setelah layar berkedip dan terdengar suara shutter seperti ketika Anda mengambil gambar dengan kamera, maka tangkapan layar sudah diambil.
  4. Silakan cek pada galeri di handphone Anda.

2. Menggunakan Kombinasi Tombol Power dan Volume Up

Cara screenshot Oppo berikutnya untuk menghasilkan tangkapan layar lebih panjang atau hanya ingin mengambil sebagian bagian layar saja dapat dilakukan dengan menggunakan tombol power dan volume up.

Kombinasi kedua tombol ini dapat memberikan lebih banyak opsi pengambilan tangkapan layar, berbeda dengan kombinasi tombol sebelumnya yang hanya dapat mengambil satu tangkapan layar penuh.

Beberapa fitur yang didapatkan dari kombinasi tombol power dan volume up adalah:

  • Screenshot area

Fitur ini sangat berguna apabila Anda hanya ingin mengambil tangkapan layar pada bagian tertentu saja bukan sepenuh layar. Untuk menggunakan fitur ini, Anda harus menggunakan dua jari menekan tombol power dan volume up di saat yang sama hingga muncul menu untuk melakukan tangkapan layar.

Ambil pilihan screenshot area. Kemudian menyesuaikan bagian layar yang akan di screenshot, caranya dengan menggeser bilah, jika sudah sesuai kemudian pilih save.

  • Screenshot next page

Jika Anda ingin melakukan screenshot dalam bentuk panjang maka gunakan fitur screenshot next page karena fitur ini dapat membantu Anda melakukan tangkapan layar melebihi dari satu halaman. angat cocok untuk menangkap layar artikel panjang atau chat.

Caranya sama dengan melakukan screenshot area, tapi ketika muncul menu pilihan Anda mengambil pilihan screenshot next area. Kemudian gulirkan layar ke bagian yang akan ditangkap. Notifikasi layar telah tertangkap akan muncul kemudian pilih save. Hasilnya dapat Anda lihat di galeri.

3. Menggunakan Quick Gesture

Cara Screenshot Oppo selanjutnya adalah menggunakan fitur Quick Gesture.  Fitur ini merupakan keistimewaan dari handphone Oppo di mana Anda tidak perlu mendownload aplikasi karena sudah ada di dalam handphone Anda. Bukan hanya untuk melakukan tangkapan layar, quick gesture juga dapat digunakan untuk membuka kunci dan tangkapan kamera.

Cara menggunakan fitur istimewa ini adalah:

    1. Buka menu pengaturan, cari pilihan Gesture pada Motion.
    2. Pada menu tersebut, pilih Quick Gesture dan aktifkan opsi Gesture Screenshot.
    3. Gunakan sentuhan jari untuk menangkap layar yang ingin disimpan. Caranya dengan menggunakan tiga jari; telunjuk, jari tengah, dan jari manis, letakkan pada bagian atas layar dan tarik ke bawah bersamaan.
    4. Hasil tangkapan layar dapat Anda lihat di galeri.

Baca Juga : 3 Cara Screenshot Vivo Mudah dan Cepat Sesuai Tipe Handphone

4. Menggunakan Aplikasi Longshot

Anda juga bisa menggunakan aplikasi untuk melakukan Cara Screenshot Oppo, yaitu aplikasi LongShot yang dikhususkan membantu pengguna Android untuk melakukan tangkapan layar. Cara menggunakannya adalah:

    1. Download aplikasi LongShot di Playstore.
    2. Setelah aplikasi terinstal di handphone Oppo Anda akan muncul tombol kotak biru dengan icon rana kamera. Kemudian popup akan muncul sebagai pilihan apakah Anda akan mengambil tangkapan layar. Tekan Start Now untuk memulai tangkapan layar.
    3. Anda akan dibawa kembali ke beranda, kemudian buka bagian yang akan di screenshot, tekan tombol Start lalu Auto Scroll untuk pengambilan tangkapan layar panjang. Tekan Done jika sudah selesai.
    4. Selanjutnya, cek hasil tangkapan layar di galeri.

Handphone Oppo ternyata bukan hanya dilengkapi dengan kamera yang ciamik, tapi fitur canggih yang memudahkan Anda untuk melakukan tangkapan layar. Semoga 4 cara screenshot Oppo diatas membantu Anda lebih memahami penggunaan handphone Oppo yang dibeli. Belum punya? Anda bisa membeli handphone Oppo di toko handphone terdekat atau melakukan pembelian online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *