Cara Membuat Poster Online dengan Mudah dan Gratis

Cara Membuat Poster Online dengan Mudah dan Gratis

Poster merupakan desain grafis yang mengandung gambar dan kata berisi informasi serta dapat diletakkan di tempat yang banyak dilihat orang. Tujuan dari dibuatnya poster untuk menarik  perhatian orang untuk membacanya. Saat ini tersedia banyak aplikasi online untuk membuat poster secara mudah dan tentunya gratis. Berikut cara membuat poster online yang mudah!

1. Pemilihan Font Huruf

Font huruf yang dipilih tentunya yang memudahkan orang untuk membaca. Gunakan font yang jelas agar enak dibaca sehingga informasi dapat dicerna pembaca. Selain jelas, font  yang dipilih tetap harus menarik  dan menyesuaikan dengan jenis poster itu sendiri. Jika poster termasuk jenis yang formal, maka font yang dipilih harus jelas dan berkarakter tegas serta serius.

Contoh lainnya jika poster dibuat untuk anak-anak, maka font yang dipilih harus memiliki karakter yang menyenangkan. Karakter ini akan mempengaruhi cara membaca, anak yang mencerna informasi dari poster akan lebih  berekspresi ceria, energik dan menyenangkan. Sehingga informasi dari poster akan sampai dengan mudah pada anak yang membacanya.

2. Pemilihan Warna Poster

Warna yang  dipilih juga menyesuaikan dengan jenis dari poster. Meskipun poster bersifat ceria, namun bukan berarti harus menggunakan banyak warna. Warna yang digunakan untuk page layout, maksimal berjumlah lima warna berbeda. Salah satu contoh yang bisa diterapkan yaitu memilih kombinasi warna dengan skema sesuai colour wheel dan tetap menyesuaikan tema.

Cara lainnya dalam pengaplikasian warna adalah tempat yang  dipilih tetap harus memiliki nilai estetika. Jangan karena idealis dengan warna, jadi pemilihan warna semaunya tanpa mempertimbangkan tampilan warna yang dapat ditangkap mata. Jika poster akan dipublikasi di tempat umum, pemilihan warna merupakan teori dasar yang harus dipahami.

3. Aplikasikan Grid

Coba untuk surfing di internet terkait artikel-artikel online. Banyak dari artikel online yang mengaplikasikan grid pada tampilannya. Fungsi dari grid ini agar poster terlihat rapi sehingga mudah dibaca oleh pembaca. Grid cocok digunakan untuk poster yang berkarakter seperti artikel. Selain rapi dan mudah dibaca, poster akan terlihat lebih bagus penampilannya.

4. Sesuaikan Highlight

Highlight sama seperti judul utama yang memuat semua tentang informasi yang akan disampaikan dalam poster. Highlight tak selalu berada di paling atas dari poster meskipun kebanyakan terletak di paling atas. Hal ini karena highlight merupakan fokus utama bagi pembaca poster. Komponen penting dari poster yang sangat perlu diperhatian.

Fungsinya yang menjadi daya tarik bagi pembaca, tentunya highlight perlu diatur  mulai dari tata letak hingga pemilihan kata. Kata yang dipilih dalam highlight harus bersifat clickable. Hal ini berarti, jika ada pembaca dunia maya yang melihat highlight ini, maka ia akan penasaran dan akan mempelajarinya lebih lanjut untuk mengetahui informasi yang akan disampaikan.

5. Pembuatan Layout

Layout dari poster merupakan hal yang penting karena komponen ini akan menuntun alur baca dari informasi yang akan disampaikan. Jadi pembuatan layout poster dimulai dari  informasi yang paling penting yaitu highlight. Judul atau highlight harus menjadi fokus pertama bagi pembacanya. Sehingga elemen ini harus dibuat sangat mencolok di antara komponen lainnya.

Setelah judul,yang menjadi fokus kedua dari pembaca adalah sub judul. Biasanya berisi deskripsi singkat dari informasi yang akan disampaikan. Setelah itu, penerapan gambar berada di posisi ketiga. Posisi terakhir yang menjadi fokus terakhir pula bagi pembaca adalah isi dari informasi atau artikelnya. Pembaca kebanyakan jarang fokus hingga ke posisi ini.

6. Sisakan Ruang Negatif Poster (Negative Space)

Fungsi dari ruang kosong di dalam poster untuk memberikan napas pembaca. Maksud dari napas pembaca yaitu agar informasi yang akan disampaikan tidak terlalu menghabiskan napas karena banyaknya teks. Banyaknya informasi berupa teks dan gambar yang  disampaikan , akan membuat poster terkesan ramai, bising  dan berantakan dan informasi menjadi kurang mengena.

Itulah beberapa cara dalam membuat poster online. Selain yang telah disebutkan, banyak komponen lainnya yaitu ilustrasi atau sketsa yang  disesuaikan dengan tema. Ikon yang digunakan juga mudah dimengerti pembaca. Poster yang dibuat ini harus simpel namun tetap keren. Pembaca enak memahaminya dan informasi yang disampaikan akan masuk ke pembaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *