4 Cara Cek IMEI Samsung dengan Mudah

4 Cara Cek IMEI Samsung dengan Mudah

Dewasa ini, setiap orang pasti memiliki ponsel modern baik berbasis Windows atau Android. Ponsel Android lebih diminati karena menawarkan spesifikasi yang lengkap, harga lebih murah dan update. Salah satu brand ternama asal Korea Selatan telah menjelma sebagai raksasa teknologi di dunia yaitu Samsung. Anda yang memiliki ponsel ini, pasti tahu cara cek IMEI Samsung yang mudah, bukan?

Alasan IMEI ponsel sangat penting

Pemerintah Indonesia telah menetapkan kebijakan semua ponsel yang masuk ke dalam negeri wajib terdaftar. IMEI sangat penting untuk melacak perangkat yang hilang atau mengetahui keaslian produk saat Anda berencana membeli produk Samsung baru. Tanpa IMEI yang asli dan terdaftar, maka Anda harus siap gigit jari sebab beli produk BM alias Black Market.

IMEI ponsel sangat diperlukan agar Anda tidak salah beli produk palsu. Aturan pemerintah menyebutkan bahwa ponsel yang tidak terdaftar IMEI di Indonesia bakal diblokir. Nantinya ponsel Anda tidak bisa digunakan untuk mengirim pesan, menelepon atau searching di mesin pencarian internet. Bisa gawat, bukan? Kemenperin sudah menetapkan kebijakan aturan IMEI legal sejak April 2020 lalu.

Pastikan saja kamu membeli produk Samsung di gerai resmi terdekat atau penjual produk Samsung kredibel via online. Tentu IMEI yang terpasang pada ponsel sama dengan yang terdaftar di pemerintah. Jangan tergoda harga murah saja, ternyata Anda membeli produk Samsung abal-abal yang tidak terdaftar. Ponsel Anda tidak bisa digunakan untuk berkomunikasi jelas hal yang merugikan, bukan?

Cara cek IMEI Samsung

Anda yang belum tahu cara cek IMEI Samsung, wajib membaca ulasan seputar 4 tips mengecek keaslian produk Samsung lewat IMEI berikut :

  1. Menggunakan kode dialing

Langkah pertama yang Anda perlukan dalam mengecek IMEI Samsung asli atau tidak adalah menggunakan kode dialing. Biasanya cara paling aman ini bisa digunakan untuk merek ponsel berbasis Android lain, kok.

Anda hanya perlu menekan tanda *#06# dari perangkat ponsel dan tekan call atau dial. Nantinya akan tercantum nomor IMEI perangkat yang bisa Anda cek kesesuaian dengan nomor IMEI yang tertera di dusbook ponsel. Hanya perlu beberapa detik saja sampai hasil nomor IMEI bisa Anda dapatkan, kok.

  1. Menggunakan ponsel Android + Google Dashboard

Meskipun Anda bisa menggunakan cara paling sederhana dengan menekan kode *#06# dari perangkat, namun masalah sinyal atau hal lain bisa membuat dialing tidak berhasil. Anda bisa mencoba cara lain untuk mengecek keaslian perangkat Samsung yaitu :

  • Membuka pilihan Settings pada perangkat Android dan pilih menu About Phone
  • Tekan Status, lalu tampilan bawah ponsel akan memberikan informasi IMEI. Kalau Anda masih menggunakan jenis ponsel GSM, informasi IMEI akan tertera MEID, ya!
  • Copy nomor IMEI sebelum log in ke Google Dashboard menggunakan alamat surel yang pernah Anda gunakan.
  • Klik ikon Android dan muncul daftar perangkat yang pernah pengguna gunakan. Anda wajib memastikan bahwa nomor IMEI Samsung yang tertera di perangkat sama persis dengan hasil lewat Google Dashboard. Jika hasilnya sama, maka Anda tidak perlu khawatir kalau ponsel bakal berisiko diblokir Kemenperin.
  1. Mengecek nomor IMEI di belakang baterai ponsel

Dewasa ini ponsel Android menggunakan baterai tanam yang dianggap lebih praktis. Tapi, masih banyak produk ponsel Android Samsung yang menggunakan baterai lepas atau removable karena memiliki ketahanan yang lebih bagus. Ternyata Anda bisa mengecek keaslian perangkat dengan melihat tampilan di belakang baterai lepas tersebut.

Tinggal matikan perangkat ponsel lebih dulu, buka casing yang menutupi bagian belakang dan keluarkan baterai secara hati-hati. Langsung balik bagian belakang untuk memastikan nomor IMEI Samsung sesuai dengan yang tertera pada dusbooknya.

  1. Melalui dusbook

Dusbook merupakan cara paling mudah untuk mengecek IMEI Samsung yang asli. Anda perlu mencocokkan dengan IMEI perangkat dari cara dialing, Android + Google Dashboard atau belakang baterai asli.

Jika nomor IMEI yang tertera pada kemasan dusbook sama persis dengan hasil dialing atau cek perangkat, maka dipastikan perangkat ponsel kamu sudah terdaftar di pemerintah Indonesia. Kamu tidak perlu khawatir kalau ponsel bakal tidak bisa digunakan kemudian hari.

Jika kamu menemukan IMEI di dusbook tidak sesuai dengan IMEI perangkat, sebaiknya tanyakan langsung kepada pihak penjual. Penjual yang memiliki lisensi resmi akan mengatasi masalah tersebut dengan baik. Bisa jadi produk mengalami kesalahan pabrik sehingga perlu dilakukan retur dan semacamnya. Kalau beli produk bekas pakai, Anda harus mengecek secara teliti kesamaan IMEI di dusbook dengan perangkat yang dijual.

Kini Anda tidak perlu bingung mengenai cara mengecek IMEI Samsung, bukan? Baik produk ponsel atau tablet, cara cek IMEI Samsung tetap sama. Memastikan bahwa produk yang Anda beli asli merupakan langkah meminimalisir tindakan kriminalitas ponsel black market. Yuk, coba Anda segera mengecek IMEI Samsung yang benar sekarang juga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *