6 Langkah Cara Mencuci Tangan yang Benar

6 Langkah Cara Mencuci Tangan yang Benar

Cara mencuci tangan dengan benar seringkali diremehkan oleh kebanyakan orang, sebenarnya dalam menjaga kebersihan tangan adalah salah satu langkah yang sangat penting agar selalu bisa mencegah penyakit. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa, mencuci tangan yang benar akan membantu menurunkan potensi penularan infeksi dari berbagai macam penyakit seperti diare, influenza, dan hepatitis A hingga 50%. 

Solusinya dengan 6 langkah cuci tangan yang merupakan cara mencuci tangan paling benar sesuai dengan standar World Health Organisation atau WHO dan baik menerapkannya dalam sehari-hari. Cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir juga salah satu cara terbaik agar dapat membunuh kuman.

Tetapi, jika Anda tidak memiliki sabun atau tidak ingin repot, Anda bisa menggunakan hand sanitizer yang berbasis alkohol 60% sebagai gantinya. Meskipun demikian, penggunaan hand sanitizer tidak dibenarkan jika tangan Anda terdapat kuman yang sangat kotor atau sulit untuk bersihkan. Sebelum Anda mencuci tangan, maka harus pastikan di rumah Anda terdapat sabun dan air mengalir yang bersih.

Alirkan air mengalir terlebih dahulu, kemudian letakkan sabun (dapat menggunakan sabun cair atau sabun batang) pada telapak tangan. Jauhkan tangan dari air selama Anda mencuci tangan. Nah, supaya kuman bisa dibasmi dengan tuntas, berikut ini kami sudah rangkum mengenai 6 langkah mudah mencuci tangan yang benar.

1. Gosok telapak tangan

Langkah pertama dalam mencuci tangan dengan benar, yaitu menggosok kedua telapak tangan dengan melakukan cara menempelkan bagian telapak tangan yang kiri dengan kanan. Pastikan Anda membersihkannya dengan baik hingga sabun yang Anda gunakan berbusa pada kedua tangan Anda.

2. Gosok punggung tangan

Setelah Anda menggosok bagian telapak tangan, maka setelah itu Anda mulai bisa menggosok kedua bagian punggung tangan Anda. Namun, jangan asal menggosok, gunakanlah telapak tangan bagian kanannya agar dapat menggosok punggung pada tangan sebelah kiri. Lalu, gosok pada tangan sebaliknya. Lakukan berulang kali sampai kuman pada area tersebut hilang.

3. Gosok sela jari

Langkah ketiga dalam mencuci tangan dengan benar, yaitu gosok sela-sela jari Anda dengan cara menyilangkan jari tangan sebelah kanan dengan jari tangan sebelah kiri. Pada langkah ini, Anda harus benar-benar bersih ketika mencucinya. Sebab bagian inilah yang paling sering terlupakan dan akhirnya dapat menyimpan bibit-bibit penyakit.

4. Gosok bagian dalam jari

Selain membersihkan sela jari, Anda juga harus membersihkan bagian dalam jari-jarinya. Gosok bagian dalam dan bagian punggung jari Anda dengan posisi ujung-ujung jari sama-sama mengunci. Gosok sampai bersih.

5. Bersihkan ibu jari

Langkah mencuci tangan yang kelima, yaitu Anda harus membersihkan ibu jari. Gosok ibu jari tangan kiri Anda dengan cara memutar dalam genggaman tangan kanan. Kemudian, lakukanlah cara ini secara bergantian sampai bersih.

6. Bersihkan kuku-kuku

Selain jari, Anda juga harus memperhatikan bagian kuku. Anda bisa membersihkan kuku dan ujung jari dengan cara menguncupkan ujung-ujung jari sampai saling bertemu. Lalu gosokkan di telapak tangan secara berlawanan. Kemudian, lakukanlah secara bergantian hingga bersih.

Jika Anda sudah selesai melakukan 6 langkah cara mencuci tangan tersebut, maka bilas kembali tangan Anda di bawah air mengalir hingga bersih. Lakukan selama 15-30 detik. Lalu keringkan dengan tisu atau lap tangan yang bersih. Anda juga bisa menerapkan langkah yang sama ketika Anda menggunakan hand sanitizer.

Dengan melakukan cuci tangan yang benar ini, maka tentunya Anda dan keluarga akan terhindar dari penularan berbagai macam penyakit yang diakibatkan oleh kuman. Nah maka dari itu, mulailah terapkan kebiasaan mencuci tangan dengan cara yang benar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *